Modul Ajar MACCA INDRA – Kelas 5 SD
Identitas Modul
Nama Modul : MACCA INDRA – Literasi
Multisensori di Kelas
Kelas / Fase : Kelas 5 / Fase C
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik Materi : Menyimak dan Menulis
Teks Deskripsi
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1
pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu:
1. Menyimak informasi deskriptif dari berbagai sumber (lisan, visual, dan
pengalaman langsung).
2. Menulis teks deskripsi berdasarkan pengamatan melalui pancaindra.
3. Menyampaikan hasil pengamatan secara lisan menggunakan kalimat deskriptif.
Pendekatan / Metode
- Pembelajaran aktif dan berbasis proyek
- Strategi multisensori melalui pendekatan MACCA INDRA
- Rotasi zona pembelajaran (Zona Mata, Telinga, Hidung, Lidah, Kulit)
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
- Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
- Menyampaikan bahwa siswa akan belajar menulis deskripsi melalui pengalaman
nyata dengan seluruh indra.
- Guru memberi pengantar cerita pendek tentang pasar tradisional sebagai
pemantik.
Kegiatan Inti (60 menit)
Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mengeksplorasi
zona pembelajaran MACCA INDRA:
Zona |
Kegiatan |
Indra yang Digunakan |
Zona Mata |
Mengamati gambar pasar tradisional (suasana, warna,
aktivitas) |
Penglihatan |
Zona Telinga |
Mendengarkan audio rekaman suara pasar (suara pedagang,
musik, percakapan) |
Pendengaran |
Zona Hidung |
Mengendus rempah-rempah asli seperti cengkih, serai, kayu
manis |
Penciuman |
Zona Lidah |
Mencicipi makanan kecil khas pasar (keripik, onde-onde) |
Pengecap |
Zona Kulit |
Meraba benda tekstur dari pasar: kain batik, karung goni,
daun |
Peraba |
Setelah eksplorasi:
- Siswa menulis teks deskripsi tentang suasana pasar berdasarkan pengamatan di
zona.
- Siswa menyampaikan teks secara lisan di depan kelas.
Penutup (10 menit)
- Guru melakukan refleksi bersama:
- Indra apa yang paling membantu kamu
memahami suasana pasar?
- Apa tantangan dalam menulis deskripsi
dari pengalaman langsung?
- Guru memberikan umpan balik atas hasil karya dan presentasi siswa.
- Guru mengaitkan kegiatan hari ini dengan pembelajaran literasi selanjutnya.
Refleksi Siswa
- Apa yang paling kamu sukai dari kegiatan hari ini?
- Apa hal baru yang kamu temukan tentang pasar tradisional?
- Bagaimana perasaanmu saat belajar dengan semua indra?
Asesmen Pembelajaran
Aspek |
Indikator |
Teknik & Instrumen |
Menyimak |
Mampu menangkap isi cerita/audio dengan baik |
Observasi selama kegiatan zona |
Menulis |
Mampu menulis teks deskripsi dengan kalimat lengkap,
jelas, dan sesuai pengalaman |
Produk tulis siswa (rubrik penilaian teks deskripsi) |
Berbicara |
Mampu menyampaikan deskripsi secara lisan dengan percaya
diri dan urut |
Presentasi lisan siswa |
Refleksi |
Mampu mengungkapkan pengalaman dan perasaan belajar |
Lembar refleksi tertulis |
Komentar0