GpG9TSz8GSzpGfrlGSMoGpG7BY==

Modul Ajar MACCA INDRA – Kelas 5 SD

 

Modul Ajar MACCA INDRA – Kelas 5 SD

Identitas Modul


Nama Modul     : MACCA INDRA – Literasi Multisensori di Kelas
Kelas / Fase   : Kelas 5 / Fase C
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topik Materi   : Menyimak dan Menulis Teks Deskripsi
Alokasi Waktu  : 2 x 40 menit (1 pertemuan)

Tujuan Pembelajaran


Siswa mampu:
1. Menyimak informasi deskriptif dari berbagai sumber (lisan, visual, dan pengalaman langsung).
2. Menulis teks deskripsi berdasarkan pengamatan melalui pancaindra.
3. Menyampaikan hasil pengamatan secara lisan menggunakan kalimat deskriptif.

Pendekatan / Metode


- Pembelajaran aktif dan berbasis proyek
- Strategi multisensori melalui pendekatan MACCA INDRA
- Rotasi zona pembelajaran (Zona Mata, Telinga, Hidung, Lidah, Kulit)

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)


- Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
- Menyampaikan bahwa siswa akan belajar menulis deskripsi melalui pengalaman nyata dengan seluruh indra.
- Guru memberi pengantar cerita pendek tentang pasar tradisional sebagai pemantik.

Kegiatan Inti (60 menit)

Siswa dibagi ke dalam kelompok kecil untuk mengeksplorasi zona pembelajaran MACCA INDRA:

Zona

Kegiatan

Indra yang Digunakan

Zona Mata

Mengamati gambar pasar tradisional (suasana, warna, aktivitas)

Penglihatan

Zona Telinga

Mendengarkan audio rekaman suara pasar (suara pedagang, musik, percakapan)

Pendengaran

Zona Hidung

Mengendus rempah-rempah asli seperti cengkih, serai, kayu manis

Penciuman

Zona Lidah

Mencicipi makanan kecil khas pasar (keripik, onde-onde)

Pengecap

Zona Kulit

Meraba benda tekstur dari pasar: kain batik, karung goni, daun

Peraba


Setelah eksplorasi:
- Siswa menulis teks deskripsi tentang suasana pasar berdasarkan pengamatan di zona.
- Siswa menyampaikan teks secara lisan di depan kelas.

Penutup (10 menit)


- Guru melakukan refleksi bersama:
  - Indra apa yang paling membantu kamu memahami suasana pasar?
  - Apa tantangan dalam menulis deskripsi dari pengalaman langsung?
- Guru memberikan umpan balik atas hasil karya dan presentasi siswa.
- Guru mengaitkan kegiatan hari ini dengan pembelajaran literasi selanjutnya.

Refleksi Siswa


- Apa yang paling kamu sukai dari kegiatan hari ini?
- Apa hal baru yang kamu temukan tentang pasar tradisional?
- Bagaimana perasaanmu saat belajar dengan semua indra?

Asesmen Pembelajaran

Aspek

Indikator

Teknik & Instrumen

Menyimak

Mampu menangkap isi cerita/audio dengan baik

Observasi selama kegiatan zona

Menulis

Mampu menulis teks deskripsi dengan kalimat lengkap, jelas, dan sesuai pengalaman

Produk tulis siswa (rubrik penilaian teks deskripsi)

Berbicara

Mampu menyampaikan deskripsi secara lisan dengan percaya diri dan urut

Presentasi lisan siswa

Refleksi

Mampu mengungkapkan pengalaman dan perasaan belajar

Lembar refleksi tertulis

 

Komentar0

Type above and press Enter to search.