M
A T A P E L A J A R A N |
||
Mata Pelajaran |
: |
PKN |
Jenjang |
: |
SD/ MI |
|
|
|
W
A K T U P E L A K S A N A A N |
||
Hari/ Tanggal |
: |
………….., …. April 2023 |
Waktu |
: |
08.00 – 10.00 |
|
|
|
PETUNJUK
UMUM |
- Sebelum mengerjakan soal, telitilah
terlebih dahulu jumlah soal dan nomor halaman yang terdapat pada naskah.
Dalam naskah ini terdapat 5 soal essay
- Tuliskan
nama, nomor peserta, dan kelengkapan identitas peserta pada lembar
jawaban.
- Tulis
jawaban secara sistematis dan jelas.
- Tuliskan
jawaban Anda pada lembar jawaban yang tersedia dengan menggunakan Bolpoin
- Dilarang
menggunakan alat bantu hitung selain kalkulator.
- Waktu
mengerjakan soal adalah 90 menit.
- Setiap
soal memiliki kriteria penilaian dengan bobot setiap nomornya.
Petunjuk Khusus :
- Berdoalah
terlebih dahulu sebelum mengerjakan soal.
- Kerjakan
soal dengan sebaik-baiknya. Mulailah dengan mengerjakan soal yang menurut
Anda mudah terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke soal yang lebih rumit.
- Teliti
jawaban Anda sebelum dikumpulkan.
A.
SOAL PILIHAN GANDA
Berilah tanda silang ( x ) pada
huruf a, b, c, d di depan jawaban yang benar untuk soal nomor 1- 35!
1.
Perhatikan gambar berikut ini!
Sila yang sesuai dengan ilustrasi gambar
tersebut adalah sila ke ….
A.
2
B.
3
C.
4
D. 5
2.
Bunyi sila yang dilambangkan pada gambar di bawah ini yaitu…
- Persatuan Indonesia
B.
Ketuhanan Yang Maha Esa
C.
Kemanusiaan yang adil
dan beradap
D. Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan
3. Jangan hanya menuntut hak, tetapi kewajiban harus juga
dipenuhi.
Pernyataan
tersebut mengandung makna dalam menjalankan kewajiban dan mendapatkan hak harus
…
- berbeda
- berdekatan
- sesuka hati
- seimbang
4.
Perhatikan gambar dibawah ini!
Kegiatan diatas merupakan kewajiban peserta didik di ….
- sekolah
- rumah
- keluarga
- masyarakat
5. Keragaman
karakter individu bukan hanya keragaman fisik, tapi juga bisa
berupa
kegemaran. Contoh Wati gemar bersepeda, sedangkan Ani gemar
berlari. Kadang
-kadang saat Ani kelelahan Wati membonceng Ani.
Manfaat adanya perbedaan kegemaran
adalah ….
- hidup rukun saling membantu
- mengasah kepandaian diri sendiri
- mementingkan kepentingan pribadi
- menekuni kegemaran masing-masing
6.
Bacalah teks berikut!
Pada
tahun ajaran baru Siti kedatangan teman. Teman baru itu adalah tetangga Siti
bernama Andri namun teman baru itu berbeda agama dengan Siti. Siti langsung
akrab. Singkatnya, sesama manusia harus
saling menghargai walau berbeda keyakinan.
Berdasarkan
teks di atas, sikap Siti yang tepat terhadap Andri adalah ….
- mengajaknya berkenalan dan bermain
bersama
- menjauhinya supaya tidak terpengaruh
- mendiamkannya
- Mengejeknya
7. Perhatikan
gambar di bawah!
Rumah adat di atas berasal dari
daerah ….
- Sulawesi
- Kalimantan
- Jawa
Tengah
- Sumatera
Barat
8. Bacalah ilustrasi berikut !
Andi senang sekali karena punya tetangga baru yang berasal
dari Toraja. Apa lagi tetangganya punya seorang anak laki-laki yang sebaya
dengannya. Setiap hari mereka berangkat ke sekolah dan bermain bersama-sama.
Meskipun berbeda suku dan agama mereka tetap rukun dan tidak membeda-bedakan
teman.
Ilustrasi di atas sesuai dengan
penerapan nilai-nilai Pancasila sila ke...
- satu
- dua
- tiga
- lima
9.
Perhatikan ilustrasi gambar berikut!
Gambar diatas merupakan cerminan pancasila
sila ke . . . .
- satu
- dua
- tiga
- empat
10.
Perhatikan gambar di bawah ini!
Gambar
di atas yang menunjukkan bentuk tanggung
Jawab dalam lingkungan masyarakat adalah ….
- 1 dan 3
- 1 dan 4
- 2 dan 3
- 2 dan 4
11.
Perhatikan teks berikut !
Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi
milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan.
Jadi, hak warga masyarakat adalah sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang
yang berkedudukan sebagai warga masyarakat.
Berdasarkan teks di atas yang bukan
merupakan bentuk hak sebagai warga masyarakat adalah ….
- mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang tidak layak
- mendapatkan perlindungan hukum
- menikmati lingkungan bersih
- hidup tenang dan damai
12. Perhatikan gambar berikut !
Kegiatan yang
dilakukan pada gambar di atas, adalah
sikap tanggung jawab di . . . .
- Rumah
- Negara
- Sekolah
- Masyarakat
13.
Masyarakat Indonesia selalu
ditekankan untuk tetap menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan, walau di
Indonesia terdapat berbagai keanekaragaman. Sebagai peserta didik, hal tersebut
bisa kita lakukan di sekolah dengan cara ….
- membuli teman
- tidak bermusuhan
- menindas teman yang lemah
- mengadu domba teman dengan teman yang
lain
14. Keanekaragaman budaya adalah aset kekayaan
bangsa. Sikap yang tepat untuk menjaga kekayaan tersebut adalah. . . .
- toleransi
- mencitai budaya asing
- mencintai budaya sendiri
- tidak suka menonton acara
kesenian daerah
15.
Bagas adalah peserta didik
kelas 5 SD Harapan. Teman-temannya di sekolah sangat beragam. Ada yang berasal
dari desa Tambakromo, desa Karangwono, desa Mojomulyo dan banyak desa lainnya.
Ada temannya yang beragama Islam, ada pula yang beragama Kristen, Hindu, dan
juga Budha. Sikap Bagas di kelas sebaiknya ….
- menghormati semua temannya yang ada di kelas
- menghargai teman yang sedaerah saja dengannya
- hanya berteman dengan teman sedesa dan seagama.
- meminta semua teman untuk beragama seperti dirinya
16. Kekayaan budaya yang beragam merupakan modal
untuk mengembangkan budaya Indonesia yang hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh
bangsa Indonesia.
Makna
kesatuan yang tekandung dalam teks merupakan makna di bidang....
- sosial
- budaya
- wilayah
- ekonomi
17. Perhatikan gambar dibawah ini!
Sumber : Buku Siswa Tema 9 Kelas V
Berdasarkan gambar
diatas perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat
adalah ….
- sering melewatkan giliran ronda
- melempar tanggung jawab
- membersihkan lingkungan
bersama-sama
- hanya
berteman dengan yang seagama.
18. Perhatikan
teks berikut!
“Di bawah terik matahari, barisan semut berjalan rapi menuju
sarang. Sudah puluhan kali barisan ini berjalan bolak-balik di bawah komando
sang pemimpin. Setiap semut membawa bulir makanan di atas badannya. Tidak lebih
dari satu bulir dapat dibawa semut, hingga tak cukup sekali atau dua kali
mereka bolak-balik menuju sarang.”
Berdasarkan informasi pada teks tersebut, nilai yang
terkandung dalam paragraf di atas adalah….
- bersikap adil kepada setiap orang yang ada di sekitar kita
- gotong royong, kerja keras
- menjalankan kewajiban kita
- tolong
menolong
19. Bacalah
teks di bawah ini dengan teliti!
Dheda
dan Lima Butir Kentang
Dahulu, ada seorang pencari kayu bakar bernama Dheda. Dia
hidup bersama istri dan ketiga anaknya. Mereka keluarga miskin yang tinggal di
gubuk sederhana. Sudah seminggu ini, turun hujan. Dheda pun tidak dapat pergi
ke hutan mencari kayu bakar.
Istri Dheda berkata, “Suamiku, persediaan makanan kita
hampir habis. Disini, hanya tersisa lima butir kentang. itu pun tidak cukup
untuk makan kita sekeluarga.’’
“Aku tahu. Bersabarlah, semoga besok tidak hujan dan aku
dapat pergi bekerja. Sisa kentang yang ada biarlah untuk makan anak-anak
saja,”kata Dheda.
Menjelang sore, ada seseorang yang
mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah dibuka, ternyata ada seseorang yang
mengetuk pintu rumah Dheda. Setelah dibuka, ternyata ada seorang pengemis tua.
Dia basah kuyup kehujanan.
Berdasarkan teks di atas, nilai yang
terkandung dalam sila kelima Pancasila adalah ….
A. memberi
pertolongan kepada orang lain agar mendapat imbalan
B.
mengembangkan sikap adil terhadap sesama
C.
melaksanakan sholat 5 waktu
D. mengambil
hak orang lain
20. Perhatikan teks
pernyataan di bawah ini!
1.
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
2.
Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
3.
Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi semangat kekeluargaan.
4.
Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai
hasil musyawarah.
Teks
pernyataan di atas merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam sila
ke … Pancasila.
A.
2
B.
3
C.
4
D.
5
21. Perhatikan
gambar di bawah ini!
Sumber : Buku siswa tema 1 kelas VI
Gambar di atas merupakan cerminan dari sila
Pancasila ….
A. Persatuan Indonesia
B. Ketuhanan yang maha esa
C. Kemanusiaan yang adil dan beradab
D. Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
22. Perhatikan
gambar berikut!
Sumber : Buku siswa tema 3 kelas VI
Berdasarkan gambar di atas, seoarang
anak sudah mendapatkan haknya untuk ….
A. memperoleh
hidup yang aman
B. memperoleh kasih sayang
C. memperoleh pendidikan
D. menyampaikan
pendapat
23. Bacalah teks di bawah ini!
Hak adalah sesuatu yang mutlak
menjadi milik seseorang atau sesuatu yang
seharusnya diterima seseorang. Berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, hak warga negara banyak bentuknya.
Salah satunya adalah setiap warga berhak
mendapatkan perlindungan hukum.
Hak sebagai warga negara sesuai
dengan teks di atas adalah….
- memperoleh penghidupan yang
layak.
- mendapat tempat tinggal yang layak
- mendapat perlindungan hukum
- memperoleh pendidikan dasar
24. Bacalah cerita pendek di bawah
ini!
Hak dan Tanggung
Jawab
Ani adalah putra Bapak dan Ibu
Yakob. Pak Yakob menyekolahkan Ani di sebuah sekolah yang cukup ternama di
desanya. Pak Yakob memenuhi semua kebutuhan sekolah Ani, seperti buku-buku,
seragam sekolah, serta peralatan lainnya. Bu Yakob juga selalu membuat bekal
makanan sehat untuk Ani di sekolah. Ani sangat bersyukur dengan perhatian ayah
dan ibunya. Ia selalu mematuhi nasihat ayah ibu. Ani juga rajin sekolah, rajin
belajar dan mengerjakan tugas sekolah tanpa perlu diingatkan. Ani kemudian
selalu naik kelas dengan nilai yang memuaskan. Bapak dan Ibu Yakob sangat
bangga dengan Ani.
Hak Ani dalam cerita di atas adalah
….
- mendapatkan pendidikan dan
perhatian dari orang tua
- mengerjakan tugas sekolah tanpa
perlu diingatkan
- mendapatkan penghargaan
- mendapatkan keadilan
25.
Bacalah
teks berikut !
Gambar di bawah ini menunjukkan pelajar-pelajar Indonesia sedang
belajar dengan bersungguh-sungguh. Mereka sedang melaksanakan kewajibannya
sebagai warga negara. Mengikuti pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah
merupakan kewajiban bagi semua warga negara. Semua warga negara wajib mengikuti
pendidikan dasar. Kewajiban mengikuti pendidikan dasar bagi setiap warga negara
Indonesia ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pasal
31 ayat (2). Bunyi pasal 31 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945 yaitu “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan
dasar dan pemerintah wajib membiayainya”
Berdasarkan
teks bacaan diatas, salah satu kewajiban warga negara Indonesia yang diatur
dalan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 2 ialah …..
A. bela negara
B. saling menghormati
C. menjaga ketertiban umum
D. mengikuti pendidikan dasar
26.
Bacalah teks berikut!
Masyarakat Indonesia mempunyai
keberagaman ekonomi. bahwa keberagaman
itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya keterampilan dan pendidikan
serta usaha keras. Setiap orang mempunyai potensi diri yang berbeda. Potensi
tersebut harus diasah supaya seseorang bisa berhasil. Di era globalisasi
seperti sekarang, setiap orang harus terus meningkatkan potensinya supaya ia
terus bisa bersaing secara sehat. Keberagaman ekonomi adalah kondisi masyarakat yang memiliki
perbedaan tingkat atau taraf ekonomi. Keberagaman ini bisa dilihat beraneka
jenis pekerjaan yang dilakukan masyarakat. Keadaan ekonomi yang beragam sangat
dipengaruhi oleh letak geografis. Contohnya jika tinggal di daerah pantai maka
pekerjaannya sebagai nelayan atau penjual ikan.
Berdasarkan teks di atas, keberagaman tingkat ekonomi di
masyarakat harus disikapi dengan cara. . . .
A. tidak
menghargai ekonomi orang lain
B. saling
menghargai keberagaman ekonomi
C. saling
tolong menolong sesama orang kaya
D.
meminta-minta kepada orang yang ekonominya tinggi
27. Bacalah teks berikut !
Globalisasi, Bermanfaat atau Tidak?
Apa manfaat globalisasi bagi manusia
di berbagai belahan dunia? Perhatikan di sekitar kita. Ketika kita berbelanja
di supermarket, kita menemukan berbagai makanan dan barang yang diproduksi di
luar negeri. Aneka pasta dari Italia, keju dari Belanda, kursi plastik buatan
Tiongkok, atau peralatan dapur produksi Jerman. Apakah makanan dan barang
produksi Indonesia juga ada di luar negeri? Tentu saja! Sekarang di negara lain
tidak sulit menemukan gudeg dalam kaleng produksi Indonesia. Kain dan perabot
hasil karya pengrajin daerah pun semakin terkenal di mancanegara. Kemudahan
dalam pertukaran produk merupakan salah satu hal positif dari globalisasi.
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin canggih menandai dimulainya
era globalisasi. Telepon, satelit, televisi, dan jaringan internet, membawa
berita dari belahan dunia lain tanpa jeda waktu. Dalam sekejap, berita penting
dan populer tersampaikan ke segala penjuru dunia. Namun perlu pula kita
waspadai. Globalisasi dapat mempengaruhi kebudayaan manusia di sebuah negeri.
Masuknya pengaruh asing, secara tidak langsung akan membawa perubahan budaya
dalam masyarakat. Perubahan budaya bisa menjadi pengaruh positif, namun bukan
tidak mungkin membawa pengaruh negatif. Saat ini di kota besar di Indonesia,
anak-anak muda gemar menikmati tayangan dari Korea. Mereka juga meniru Pengaruh positif akibat globalisasi tentu
akan memperkaya manusia di sebuah negeri. Namun tanpa benteng nilai budaya yang
kuat, tidak mustahil nilai luhur sebuah bangsa akan luntur akibat globalisasi.
Berdasarkan teks diatas, selain pengaruh positif,
globalisasi membawa pengaruh negative,
seperti….
A. menumbuhkan sikap toleransi antar masyarakat akibat adanya
rasa saling ketergantungan
B. mudah mendapatkan barang-barang impor dari luar negeri
dengan harga terjangkau
C. masuknya inventasi
asing ke negara Indonesia
D. pasar nasional akan dikuasi barang-barang impor
28.
Bacalah teks berikut !
Globalisasi dan Cinta Tanah Air
Globalisasi adalah masa di mana arus
informasi begitu cepat menyebar ke berbagai belahandunia. Kebudayaan dan gaya
hidup dari berbagai penjuru dunia kemudian dengan mudah dapat kita ketahui.
Kondisi tersebut akan memudahkan generasi Indonesia untuk meniru beragam
kebudayaan asing tersebut.
“Berfikir global dan bertindak lokal”
adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tidak menjadi korban di
era globalisasi. Sebagai bangsa Indonesia kita harus melestarikan nilai-nilai luhur budaya
kita, yang kemudian digunakan untuk dapat bersaing di tingkat dunia.
Berdasarkan
teks di atas, salah satu cara yang bisa
dilakukan untuk tidak menjadi korban di era globalisasi kita harus melestarikan nilai….
A. nilai kesatuan
B. nilai persatuan
C.
nilai luhur budaya
D. nilai
keanekaragaman
29.
Bacalah artikel di bawah ini !
Mencintai tanah air adalah merupakan
kewajiban setiap warga negara. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk
menunjukkan rasa cinta kepada tanah air. Salah satunya adalah bangga
menggunakan produk dalam negeri. Dengan menggunakan produk dalam negeri, kita
sudah turut berpartisipasi dalam pembangunan bangsa.
Berdasarkan artikel diatas, salah satu contoh
cinta tanah air yang harus dilakukan peseta didik adalah….
- mengikuti upacara bendera di
tingkat kecamatan
- taat pada aturan yang berlaku
di masyarakat
- bangga menggunakan peroduk
Indonesia
- belajar bersunguh-sunguh
30. Bacalah teks
berikut !
Pengalaman Belajar dari
Negara-Negara ASEAN
Hari ini merupakan hari yang penting bagi Udin, Edo,
Beni, Siti, Dayu, Lani, dan teman sekelasnya. Mereka akan berkunjung ke pameran
budaya ASEAN yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN yang terletak di
Jakarta.. Pameran diikuti oleh sepuluh negara anggota ASEAN. Masing-masing
anjungan tampil menarik dengan ciri khas tiap negara. Anjungan Indonesia tampil
dengan ciri khas rumah Toraja yang unik dan menarik.
Terdapat juga anjungan khusus yang dikelola
oleh sekretariat ASEAN. Udin menghabiskan banyak waktu di anjungan ini.
Anjungan ini menampilkan berbagai informasi tentang peranan ASEAN dalam
mengembangkan wirausaha kecil. Anjungan ini juga menampilkan berbagai produk
wirausaha dari tiap negara. Berbagai produk kreatif ada di sana. Ada jaket
kulit dari pengrajin negara Indonesia, ada manisan buah Thailand dalam kemasan
kaleng, ada alat penyeduh kopi klasik Vietnam, serta ada pula aplikasi
agribisnis yang dikembangkan oleh pemuda Indonesia untuk menghubungkan petani
dan konsumen.
Beni tertarik dengan anjungan Negara
Brunei yang menampilkan Wayang Asik khas negaranya. Wayang ini populer sekitar
tahun 1960-an di Kampung Ayer, di tepi Sungai Brunei.
Berdasarkan teks di atas, salah satu
usaha atau kegiatan ekonomi yang ditampilkan oleh Negara Indonesia pada pameran
budaya ASEAN adalah ….
- petani
- pengrajin jaket kulit
- pembuat manisan buah
- pengrajin alat penyeduh kopi
31. Bacalah
Teks berikut ! Dalam setiap keluarga diperlukan
adanya sikap saling menghormati satu sama lain agar terjadinya persatuan dan
kesatuan dalam keluarga semakin kuat. Dampak jika tidak ada persatuan dan
kesatuan dalam keluarga adalah sebagai berikut: 1. Terjadinya pertengkaran di dalam
keluarga. 2. Kerukunan di dalam keluarga akan
berkurang. 3. Keakraban di dalam keluarga juga akan
berkurang. Berdasarkan
teks di atas, akibat bila tidak ada persatuan dan kesatuan di Indonesia
maka....
32.
Perhatikan gambar dan teks berikut !
Persatuan dan kesatuan merupakan
hal yang sangat penting, baik dalam rangka merebut, mempertahankan, maupun
mengisi kemerdekaan. Bersatu Kita Teguh’ mengandung makna menyatunya berbagai
unsur dan perbedaan yang ada menjadi suatu kesatuan yang utuh dan serasi
sehingga muncul suatu kekuatan.Bangsa Indonesia telah membuktikan bahwa
dengan persatuan dan kesatuan, kita mampu menghadapi penjajah dan akhirnya
meraih kemerdekaan. Berdasarkan
gambar dan teks di atas,hal yang sangat penting dalam mempertahankan
kemerdekaan adalah.... A.
mempertahankan
kemerdekaan B.
mengisi kemerdekaan C.
persatuan dan kesatuan D.
persatuan dan
kemerdekaan 33.
Amati gambar berikut ini ! Sumber
:https://www.clker.com/cliparts/3/a/2/e/13862505741935863049garuda%20pancasila%20(2).jpg Berdasarkan
gambar di atas, temukan makna kalimat yang dicengkram kaki burung garuda
adalah....
34. Perhatikan
pernyataan berikut ini ! Contoh upaya
meningkatkan persatuan dan kesatuan sesuai dengan pengalaman sila kedua
Pancasila, yaitu ... A. melaksanakan
hak dan kewajiban secara seimbang.
B. memberikan sumbangan
kepada korban bencana alam.
C. mengembangkan sikap
rela berkorban demi kepentingan pribadi.
D. memberi kesempatan
kepada teman untuk mengemukakan pendapatnya.
E. Suka mempertahankan
pendapat sendiri
Dari pernyataan di
atas, temukan upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan sesuai dengan
pengalaman sila kedua Pancasila yaitu
pernyataan … A. A, B, dan C B. A, B, dan D C. A, C, dan D D. A, B, dan E 35. Amati peristiwa
berikut ini ! Contoh peristiwa yang mencerminkan persatuan dan
kesatuan dalam sebuah lingkungan sosial.
Dari Pernyataan diatas pilihlah urutan peristiwa yang
benar… A.
1,
2, dan 3 B.
2,
3, dan 4 C. 1,
3, dan 4 D. 1, 2, dan 4 B.
SOAL URAIAN 36. Bacalah Teks berikut ! Sila
pertama Pancasila dilambangkan dengan bintang emas dan warna hitamsebagai
latar belakangnya. Bintang emas melambangkan sumber cahaya dari Tuhan,
sehingga menunjukkan bahwa Indonesia mempercayai adanya Tuhan sebagai
pencipta alam semesta. Sementara itu, latar belakang warna hitam merupakan
warna alami di mana berkah dan petunjuk dari Tuhan yang Maha Esa mampu
menuntun bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan. Dari
pernyataan diatas uraiakan 3 contoh penerapan nilai-nilai yang terkandung dalam sila pertama
Pancasila adalah…. 37.Bacalah
teks berikut ! Berikut
adalah bunyi butir Pancasila:
Dari pernyataan di atas, uraikan contoh perilaku
sehari-hari yang mencerminkan perwujudan sila pertama! 38. Perhatikan pernyataan berikut
! Tanggung jawab
adalah sikap yang harusnya dimiliki oleh individu sejak lahir. Karena
tanggung jawab itu bersifat melekat pada diri seseorang atau individu. Dari teks di atas, uraikan tuliskan 3 contoh tanggung
jawab sebagai warga masyarakat! 39. Baca pernyataan berikut ! Pada kewajiban warga negara terhadap negaranya, maka
warga negara harus patuh terhadap perintah dan larangan yang telah dibuat
negara demi kebaikan bersama. Negara memiliki hak untuk memaksa warga negara
untuk menjalankan kewajiban warga negaranya itu. Dari pernyataan diatas uraikan
kewajiban warga negara yang diatur pada pasal 28j ayat 2 adalah… 40. Cermati bacaan berikut ! Pancasila juga memiliki fungsi sebagai dasar untuk bertingkah laku
dalam masyarakat. Hal ini karena pancasila memiliki nilai luhur. Nilai-nilai
luhur tersebut terdapat pada sila pertama hingga sila kelima pancasila.
Sehingga bisa dijadikan pedoman untuk berperilaku. Dari bacaan diatas uraikan empat kandungan nilai luhur sila kelima pancasila adalah…. |
Komentar0