GpG9TSz8GSzpGfrlGSMoGpG7BY==

Teks Multimodal untuk Menguatkan Literasi Peserta Didik

 

Teks Multimodal untuk Menguatkan Literasi Peserta Didik


Sumber: Melanie Gagich & Emilie Zickel – Cleveland State University Pressbooks





Pendahuluan

Dalam dunia pendidikan yang semakin dinamis, teks multimodal menjadi salah satu strategi penting dalam meningkatkan kompetensi literasi peserta didik. Pelatihan bertajuk "Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi dan Numerasi Indonesia" mengajak para guru untuk mengenali dan mengoptimalkan potensi teks multimodal dalam pembelajaran.

Apa Itu Teks Multimodal?

Teks multimodal adalah teks yang menggabungkan berbagai bentuk komunikasi atau mode seperti teks tulis, visual (gambar/foto), audio (musik/suara), gestural (gerakan tubuh), spasial (penataan ruang), dan bahkan taktil (rasa sentuh). Kombinasi ini bertujuan untuk menyampaikan informasi secara lebih utuh, menarik, dan mudah dipahami oleh peserta didik dengan berbagai gaya belajar.

Contoh Teks Multimodal:

  • Buku digital interaktif

  • Video edukatif

  • Poster atau infografis

  • Komik digital

  • Cerita bergambar berbasis budaya lokal

Mengapa Teks Multimodal Penting?

Teks multimodal tidak hanya relevan dengan kehidupan siswa saat ini—yang akrab dengan dunia visual dan teknologi—tetapi juga memberikan banyak manfaat, antara lain:

  1. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan reflektif
    Siswa diajak menanggapi berbagai bentuk informasi dan menyusun pemahaman yang lebih dalam.

  2. Meningkatkan minat baca dan motivasi belajar
    Tampilan visual yang menarik dan media yang beragam mampu menumbuhkan rasa ingin tahu.

  3. Mengenalkan keberagaman budaya dan perspektif global
    Teks multimodal bisa menjadi jembatan untuk memahami budaya sendiri dan budaya lain.

  4. Melatih siswa dalam memproduksi informasi
    Tidak hanya membaca, siswa juga dapat diajak membuat poster, video, atau presentasi multimodal.

Pemanfaatan dalam Pembelajaran

Dalam pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka, pemanfaatan teks multimodal harus disesuaikan dengan:

  • Kebutuhan dan minat siswa

  • Konteks budaya daerah

  • Capaian pembelajaran setiap mata pelajaran

Guru dapat menggunakan berbagai sumber teks multimodal dari perpustakaan digital, seperti:

Contoh dalam Konteks Kelas

Misalnya, saat membahas tema “Lingkungan”, guru dapat menggunakan:

  • Video dokumenter tentang ekosistem laut

  • Poster ajakan menjaga lingkungan yang dibuat siswa

  • Infografis tentang daur ulang sampah

  • Cerita rakyat berbasis lokal yang dimodifikasi menjadi buku digital dengan ilustrasi dan suara

Kesimpulan

Teks multimodal adalah sarana penting untuk meningkatkan kecakapan literasi peserta didik di abad 21. Melalui pemilihan bahan ajar yang kaya dan beragam, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif, menarik, dan berdampak.

Mari kita gunakan teks multimodal untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan menumbuhkan budaya literasi yang kuat di sekolah kita!

Donwload Materi : Multimedia

🖼 Sumber Gambar dan Materi:

Komentar0

Type above and press Enter to search.