MODUL AJAR: HUBUNGAN ANTARSILA PANCASILA
Fase / Semester: C / I (Satu)
Kelas: 5 (Lima)
Elemen: Pancasila
Alokasi Waktu: 24 JP atau sesuai kebutuhan
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
- Menjelaskan hubungan antarsila Pancasila.
- Menjelaskan penerapan nilai-nilai Pancasila.
- Menjelaskan gotong royong dalam keragaman sesuai nilai-nilai Pancasila.
- Menjelaskan penerapan gotong royong dalam lingkup kabupaten dan kota.
- Menerapkan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila
Mandiri
KreatifBernalar Kritis
Langkah-Langkah Pembelajaran
Persiapan
- Mengondisikan peserta didik baik fisik maupun mental untuk siap melaksanakan pembelajaran.
Memberikan pertanyaan pemantik agar peserta didik dapat mengetahui atau mempunyai tujuan belajar sendiri. Contoh pertanyaan:
- Apa saja contoh penerapan Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari?
- Apakah antarsila Pancasila saling berhubungan?
Pembelajaran 1: Hubungan Antarsila dalam Pancasila dan Penerapan Pancasila bagi Warga Negara Indonesia (8 JP)
Kegiatan Awal
- Guru memutar film pendek atau menampilkan gambar mengenai sejarah terbentuknya Pancasila.
- Peserta didik menceritakan kembali dengan kalimatnya sendiri mengenai sejarah terbentuknya Pancasila.
- Peserta didik menyebutkan fungsi Pancasila dalam kehidupan bangsa.
Kegiatan Inti
-
Guru menjelaskan bahwa Pancasila memiliki lima kedudukan utama:
-
Sebagai Dasar Negara
-
Sebagai Pandangan Hidup Bangsa
-
Sebagai Ideologi Bangsa
-
Sebagai Sumber dari Segala Sumber Hukum
-
Sebagai Kepribadian Bangsa
-
-
Peserta didik menjawab pertanyaan dari guru:
-
Tulislah lima sila Pancasila.
-
Apa nilai yang terkandung dalam Sila Pertama Pancasila?
-
Apa nilai yang terkandung dalam Sila Kedua Pancasila?
-
Tulislah pendapatmu mengenai apakah setiap sila Pancasila saling berhubungan?
-
-
Guru menampilkan beberapa gambar seperti kegiatan keagamaan, siswa membantu teman, ibu membeli kain batik, kegiatan diskusi di kelas, dan kegiatan menabung.
-
Peserta didik menjelaskan nilai Pancasila yang terkandung dalam gambar.
-
Guru membagi kelas menjadi lima kelompok sesuai sila Pancasila. Setiap kelompok mengklasifikasikan gambar yang sesuai dengan sila yang diwakili.
-
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
Kegiatan Penutup
- Guru memberikan penguatan tentang pentingnya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
- Peserta didik mengerjakan latihan dalam buku ESPS Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas 5 halaman 16.
- Refleksi pembelajaran dilakukan untuk melihat ketercapaian pemahaman peserta didik.
- Peserta didik menyimpulkan pembelajaran bersama guru dan membuat rangkuman.
Link Download Modul:
Klik di sini untuk mengunduh
Sumber Modul ajar Penerbit Erlangga
Komentar0