GpG9TSz8GSzpGfrlGSMoGpG7BY==

Modul ajar Kelas 5 Matematika KULMER

 




MODUL AJAR - 1

Fase / Semester: C / 1 (Satu)
Elemen: Bilangan
Kelas: 5 (Lima)
Alokasi Waktu: 6 JP (Sesuai Kebutuhan)

Tujuan Pembelajaran:

B.1 Menjelaskan dan Menentukan KPK dan FPB, serta menyelesaikan permasalahan tentang KPK dan FPB dalam kehidupan sehari-hari.

Profil Pelajar Pancasila:

  • Mandiri
  • Kreatif
  • Bernalar Kritis

Langkah-Langkah Pembelajaran:

  1. Peserta didik memahami perbedaan jenis-jenis bilangan (bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli).
  2. Guru mengondisikan peserta didik baik secara fisik maupun mental agar siap melaksanakan pembelajaran.
  3. Guru memberikan stimulus berupa benda-benda yang akan dibagi dalam jumlah besar.
  4. Guru mengajukan pertanyaan pemantik agar peserta didik dapat memiliki tujuan belajar sendiri. (Contoh: Apakah kalian mengetahui bilangan asli? Apa perbedaan bilangan genap dan ganjil? Apa yang dimaksud dengan bilangan prima?)

Pembelajaran 1: Menjelaskan KPK dan FPB (3 JP)

  • Peserta didik membaca fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK. Contoh: Bagaimana cara membagi kelompok agar jumlah laki-laki dan perempuan sama?
  • Peserta didik mempelajari kelipatan bilangan secara mandiri.
  • Peserta didik mencari kelipatan persekutuan dari dua bilangan yang diberikan dalam contoh buku ESPS halaman 3.
  • Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk mencari FPB dan KPK sesuai contoh.
  • Peserta didik mempraktikkan dan membuktikan hasil dari KPK dan FPB menggunakan manik-manik dan mangkuk.

Contoh Soal:
Jika jumlah peserta didik adalah 32, dengan 12 laki-laki dan 20 perempuan, maka kelompok yang akan dibuat sebanyak:

  • 20 = 2² × 5
  • 12 = 2² × 3
  • FPB = 2² = 4

Kelompok yang dapat dibentuk ada 4, dengan rincian:

Kelompok Laki-laki Perempuan
1 5 5
2 5 3
3 5 3
4 4 3

  • Peserta didik membuat latihan soal sendiri tentang FPB dan KPK dengan bilangan kurang dari 100, lalu mempresentasikan hasilnya.
  • Peserta didik mengerjakan latihan dari guru secara mandiri.
  • Refleksi pembelajaran dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman peserta didik tentang KPK dan FPB.
  • Peserta didik menyimpulkan pembelajaran bersama guru dan membuat rangkuman.
  • Bukti pencapaian pembelajaran diambil dari hasil pekerjaan peserta didik dan tes formatif.

Link Unduhan Modul:
Download Modul Ajar

Komentar0

Type above and press Enter to search.