MODUL AJAR - 1
Fase / Semester: C / 1 (Satu)
Elemen: Bilangan
Kelas: 5 (Lima)
Alokasi Waktu: 6 JP (Sesuai Kebutuhan)
Tujuan Pembelajaran:
B.1 Menjelaskan dan Menentukan KPK dan FPB, serta menyelesaikan permasalahan tentang KPK dan FPB dalam kehidupan sehari-hari.
Profil Pelajar Pancasila:
- Mandiri
- Kreatif
- Bernalar Kritis
Langkah-Langkah Pembelajaran:
- Peserta didik memahami perbedaan jenis-jenis bilangan (bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli).
- Guru mengondisikan peserta didik baik secara fisik maupun mental agar siap melaksanakan pembelajaran.
- Guru memberikan stimulus berupa benda-benda yang akan dibagi dalam jumlah besar.
- Guru mengajukan pertanyaan pemantik agar peserta didik dapat memiliki tujuan belajar sendiri. (Contoh: Apakah kalian mengetahui bilangan asli? Apa perbedaan bilangan genap dan ganjil? Apa yang dimaksud dengan bilangan prima?)
Pembelajaran 1: Menjelaskan KPK dan FPB (3 JP)
- Peserta didik membaca fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK. Contoh: Bagaimana cara membagi kelompok agar jumlah laki-laki dan perempuan sama?
- Peserta didik mempelajari kelipatan bilangan secara mandiri.
- Peserta didik mencari kelipatan persekutuan dari dua bilangan yang diberikan dalam contoh buku ESPS halaman 3.
- Peserta didik berkolaborasi dalam kelompok untuk mencari FPB dan KPK sesuai contoh.
- Peserta didik mempraktikkan dan membuktikan hasil dari KPK dan FPB menggunakan manik-manik dan mangkuk.
Contoh Soal:
Jika jumlah peserta didik adalah 32, dengan 12 laki-laki dan 20 perempuan, maka kelompok yang akan dibuat sebanyak:
- 20 = 2² × 5
- 12 = 2² × 3
- FPB = 2² = 4
Kelompok yang dapat dibentuk ada 4, dengan rincian:
Kelompok | Laki-laki | Perempuan |
---|---|---|
1 | 5 | 5 |
2 | 5 | 3 |
3 | 5 | 3 |
4 | 4 | 3 |
- Peserta didik membuat latihan soal sendiri tentang FPB dan KPK dengan bilangan kurang dari 100, lalu mempresentasikan hasilnya.
- Peserta didik mengerjakan latihan dari guru secara mandiri.
- Refleksi pembelajaran dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman peserta didik tentang KPK dan FPB.
- Peserta didik menyimpulkan pembelajaran bersama guru dan membuat rangkuman.
- Bukti pencapaian pembelajaran diambil dari hasil pekerjaan peserta didik dan tes formatif.
Link Unduhan Modul:
Download Modul Ajar
Komentar0