MODUL AJAR - 1
Fase / Semester : C / 1 (Satu)
Kelas : 5 (Lima)
Elemen : Pemahaman IPAS (Sains dan Sosial)
Alokasi Waktu : 6 JP (Sesuai Kebutuhan)
Tujuan Pembelajaran:
- P.7 Mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
- K. Mengamati, mempertanyakan dan memprediksi, merencanakan dan melakukan penyelidikan, memproses, menganalisis data dan informasi, mengevaluasi dan refleksi, serta mengomunikasikan hasil.
Profil Pelajar Pancasila:
- Mandiri
- Bernalar Kritis
- Gotong Royong
- Kreatif
Langkah-Langkah Pembelajaran:
- Peserta didik memahami konsep cahaya dan keterkaitannya dengan indera penglihatan.
- Mengondisikan peserta didik secara fisik maupun mental agar siap mengikuti pembelajaran.
- Memberikan stimulus tentang cahaya dan hubungannya dengan indera penglihatan.
Mengajukan pertanyaan pemantik seperti:
Apa saja dan bagaimana proses sifat-sifat cahaya?
Apa saja bagian, fungsi, dan gangguan pada mata?
Pembelajaran 1: Sifat-Sifat Cahaya dan Keterkaitannya dengan Indra Penglihatan
1. Mengamati
- Peserta didik mengamati cahaya di sekitar mereka.
- Peserta didik mengamati gambar dalam buku ESPS halaman 2.
- Peserta didik mengidentifikasi sifat-sifat cahaya dalam buku ESPS halaman 3.
- Peserta didik mengamati gambar dalam buku ESPS halaman 3–6.
2. Mempertanyakan dan Memprediksi
- Peserta didik bertanya jawab tentang sifat cahaya di sekelilingnya.
- Peserta didik memprediksi sifat cahaya yang mereka amati.
3. Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan
- Peserta didik merencanakan penyelidikan tentang sifat cahaya.
- Peserta didik secara gotong royong melakukan penyelidikan tentang sifat cahaya.
CAHAYA | MERAMBAT LURUS | MENEMBUS BENDA BENING | DAPAT DIBIASKAN |
---|---|---|---|
Ciri-Ciri | |||
Contoh |
4. Memproses, Menganalisis Data dan Informasi
- Peserta didik berdiskusi tentang sifat cahaya.
- Peserta didik menganalisis sifat cahaya pada buku ESPS halaman 6-7.
- Peserta didik membandingkan sifat-sifat cahaya berdasarkan hasil pengamatan.
- Peserta didik menganalisis hubungan antara cahaya dan masing-masing sifatnya.
- Peserta didik membuat laporan pengamatan tentang sifat cahaya.
5. Mengevaluasi dan Refleksi
- Peserta didik mengerjakan latihan dari buku ESPS halaman 8.
- Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran.
- Peserta didik menyimpulkan dan merangkum pembelajaran.
6. Mengomunikasikan Hasil
- Peserta didik menyampaikan hasil pembelajaran melalui presentasi.
- Peserta didik mengumpulkan hasil latihan.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan unduh modul ajar melalui link berikut:
Download Modul Ajar 1
Komentar0