LK 3.1 Best Practice Metode STAR- PPG Daljab 2022 Kategori 1
229022495470 – PGSD-SYAMSUL RIJAL
LK. 3.1 Menyusun Best Praktice
Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice ) Menggunakan
Metode tipe Star ( Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi hasil dan Dampak )
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran
Lokasi |
SD Negeri 3 Balangnipa |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah dasar |
Tujuan yang ingin dicapai |
Meningkatkan Motivasi belajar Peserta didik |
Penulis |
Syamsul Rijal |
Tanggal |
Senin, 26 – 09 - 2022 |
Situasi : Kondisi yang
menjadi latar belakang masalah ,
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan
tanggun jawab dalam praktik ini. |
Kondisi yang menjadi latar belakang : Perubahan Pembelajaran dari masa pandemi yang kegiatan belajarnya
dari rumah ke PTM atau tatap muka Langsung membuat banyak perubahan terutama
motivasi belajar siswa menjadi menurun, terjadinya loss informasi
pembelajaran pada saat pembelajaran dari rumah mengakibatkan banyak perubahan
sikap pada peserta didik yang berdampak pembelajaran oleh karena itu , Peserta
didik merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas karena terbiasa bermain
dirumah dengan temannya pada saat pembelajaran dari rumah. Perubahan terjadi
seperti : 1.
Malas mengerjakan soal yang diberikan 2.
Sering mengobrol pada saat pembelajaran 3.
Malu dalam mengungkapkan pendapat Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran
dan strategi pembelajaran yang inovatif yang diimplementasikan oleh guru di kelas. Mengapa praktik ini perlu dibagikan ? Berdasarkan hasil Praktek pembelajaran inovatif ( PPI ) yang saya
lakukan menggunakan media pembelajaran aplikasi canva terjadi perubahan sikap
pada saat proses pembelajaran yang
mulanya peserta didk Malas mengerjakan soal yang diberikan, Sering mengobrol
pada saat pembelajaran, Malu dalam mengungkapkan pendapat , hal tersebut
sudah bisa teratasi dengan penguna media pembelajaran berbasis aplikasi canva
dapat diperoleh hasil belajar dan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik,
sehingga saya ingin membagikan
informasi ini agar
bisa jadi referensi bagi rekan
guru lain. Apa yang menjadi peran dan tanggunjawab dalam praktik ini ? Saya berperan sebagi seorang guru mempunyai tanggung jawab untuk
melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, mengawali pembelajaran
dengan merancang pembelajaran
menggunakan media dan
model pembelajaran inovatif sesuai dengan materi dan karakteristik siswa
sehingga tujuan dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai
sesuai dengan yang diharapkan. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan ? Siapa saja
yang terlibat. |
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri,
Wawancara pengawas sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Rekan Sejawat, Pakar
Pendidikan, Maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu : 1.
Malas mengerjakan soal yang diberikan 2.
Sering mengobrol pada saat pembelajaran 3.
Malu dalam mengungkapkan pendapat Tantangan dari peserta didik berdampak sekali pada proses
pembelajaran di sekolah. Ada juga tantangan yang ada dari sekolah seperti : 1.
Faktor guru dalam memilih media ajar 2.
Kurang memanfaatkan TPACK di kelas 3.
Strategi pembelajaran kurang relevan dari
kebutuhan peserta didik. Tantangan ini yang menyebabkan guru harus melewatinya dengan berbagai
cara seperti menerapkan media ajar yang sesuai gaya belajar peserta didik serta
strategi pembelajaran lainnya yang dapat mendukung. |
Aksi : Langkah – langkah apa saja yang dilakukan untuk menghadapi tantangan
tersebut / strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang
terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untukmelaksanakan
strategi ini. |
Tantangan diatas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang
guru profesional, di antaranya yaitu : 1.
Berkaitan dengan media ajar guru biasa
menggunakan media pembelajaran agar peserta didik bisa lebih mengenal media
pembelajaran yang ada. Agar bisa dikolaborasikan dengan TPACK sehingga
peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan . Kali ini
menggunakan media pembalajaran berbasis aplikasi canva. 2.
Berkaitan dengan model pembelajaran guru juga
sudah diyakini dengan sintak model pembelajaran yang dipilihnya mulai dari
tahap awal sampai tahap akhir yang dituangka dalam kegiatan pendahuluan,
Inti, Penutup Pembelajaran. 3.
Berkaitan dengan penilaian pembelajaran seorang
guru dituntut juga untuk menilai secara keseluruhan adri ranah kognitif,
Afektif,psikomotorik. Tentunya dalam instrumen penilaian yang lengkap mulai
dari Kisi – kisi, indikator ketercapaian setiap ranah, dan rubrik penilaian
untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajaran. |
Refleksi dan dampak : Bagaimana dampak dari aksi dari langkah – langkah yang dilakukan ?
Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang
lain terkait dengan strategi yang dilakukan. Apa yang menjadi faktor
keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan ? Apa
pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut. |
Dampak dari penerapan media pembelajaran berbasis TPACK yang
diimplementasikan yaitu berbasis apikasi canva yang dipadukan dengan model
pembelajaran PBL yang membuat peserta
didik lebih bersemangat dan tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran, karena
siswa dibagi menjadi beberapa kelompok serta menjawab pertanyaan secara
berkelompok dengan memanfaatkan fasilitas leptop crome book dan informasi
internet yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan media berbasi s aplikasi canva peserta didik lebih
termotivasi dari pada sebelumnya menggunakan media aja konvensional terlihat
dari indikator keaktifan peserta didik naik dari sebelum menggunakan media
ajar aplikasi canva. |
|
|
Komentar0