GpG9TSz8GSzpGfrlGSMoGpG7BY==

LK. 3.1 Menyusun Best Pratice

 LK 3.1 Best Practice Metode STAR- PPG Daljab 2022 Kategori 1


Sumber : Foto PPI PGSD PPG Daljab  2022



229022495470 – PGSD-SYAMSUL RIJAL

LK. 3.1 Menyusun Best Praktice

Menyusun Cerita Praktik Baik ( Best Practice ) Menggunakan Metode tipe Star ( Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi hasil dan Dampak ) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

Lokasi

SD Negeri 3 Balangnipa

Lingkup Pendidikan

Sekolah dasar

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Motivasi belajar Peserta didik

Penulis

Syamsul Rijal

Tanggal

Senin, 26  – 09 - 2022

Situasi :

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah , Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggun jawab dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang :

Perubahan Pembelajaran dari masa pandemi yang kegiatan belajarnya dari rumah ke PTM atau tatap muka Langsung membuat banyak perubahan terutama motivasi belajar siswa menjadi menurun, terjadinya loss informasi pembelajaran pada saat pembelajaran dari rumah mengakibatkan banyak perubahan sikap pada peserta didik yang berdampak pembelajaran oleh karena itu , Peserta didik merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas karena terbiasa bermain dirumah dengan temannya pada saat pembelajaran dari rumah. Perubahan terjadi seperti :

1.      Malas mengerjakan soal yang diberikan

2.      Sering mengobrol pada saat pembelajaran

3.      Malu dalam mengungkapkan pendapat

Kondisi ini diperburuk dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran dan strategi pembelajaran yang inovatif yang diimplementasikan  oleh guru di kelas.

Mengapa praktik ini perlu dibagikan ?

Berdasarkan hasil Praktek pembelajaran inovatif ( PPI ) yang saya lakukan menggunakan media pembelajaran aplikasi canva terjadi perubahan sikap pada saat proses pembelajaran  yang mulanya peserta didk Malas mengerjakan soal yang diberikan, Sering mengobrol pada saat pembelajaran, Malu dalam mengungkapkan pendapat , hal tersebut sudah bisa teratasi dengan penguna media pembelajaran berbasis aplikasi canva dapat diperoleh hasil belajar dan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik, sehingga saya  ingin  membagikan  informasi  ini  agar  bisa  jadi referensi bagi rekan guru lain.

Apa yang menjadi peran dan tanggunjawab dalam praktik ini ?

Saya berperan sebagi seorang guru mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, mengawali pembelajaran dengan merancang pembelajaran  menggunakan  media  dan  model pembelajaran inovatif sesuai dengan materi dan karakteristik siswa sehingga tujuan dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan ? Siapa saja yang terlibat.

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, Wawancara pengawas sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Rekan Sejawat, Pakar Pendidikan, Maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu :

1.      Malas mengerjakan soal yang diberikan

2.      Sering mengobrol pada saat pembelajaran

3.      Malu dalam mengungkapkan pendapat

Tantangan dari peserta didik berdampak sekali pada proses pembelajaran di sekolah. Ada juga tantangan yang ada dari sekolah seperti :

1.      Faktor guru dalam memilih media ajar

2.      Kurang memanfaatkan TPACK di kelas

3.      Strategi pembelajaran kurang relevan dari kebutuhan peserta didik.

Tantangan ini yang menyebabkan guru harus melewatinya dengan berbagai cara seperti menerapkan media ajar yang sesuai gaya belajar peserta didik serta strategi pembelajaran lainnya yang dapat mendukung.

Aksi :

Langkah – langkah apa saja yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut / strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat/ Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untukmelaksanakan strategi ini.

Tantangan diatas harus segera diselesaikan dengan baik oleh seorang guru profesional, di antaranya yaitu :

1.      Berkaitan dengan media ajar guru biasa menggunakan media pembelajaran agar peserta didik bisa lebih mengenal media pembelajaran yang ada. Agar bisa dikolaborasikan dengan TPACK sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan . Kali ini menggunakan media pembalajaran berbasis aplikasi canva.

2.      Berkaitan dengan model pembelajaran guru juga sudah diyakini dengan sintak model pembelajaran yang dipilihnya mulai dari tahap awal sampai tahap akhir yang dituangka dalam kegiatan pendahuluan, Inti, Penutup Pembelajaran.

3.      Berkaitan dengan penilaian pembelajaran seorang guru dituntut juga untuk menilai secara keseluruhan adri ranah kognitif, Afektif,psikomotorik. Tentunya dalam instrumen penilaian yang lengkap mulai dari Kisi – kisi, indikator ketercapaian setiap ranah, dan rubrik penilaian untuk melengkapi penilaian di akhir pembelajaran.

Refleksi dan dampak :

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah – langkah yang dilakukan ? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan. Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan ? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut.

Dampak dari penerapan media pembelajaran berbasis TPACK yang diimplementasikan yaitu berbasis apikasi canva yang dipadukan dengan model pembelajaran PBL  yang membuat peserta didik lebih bersemangat dan tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran, karena siswa dibagi menjadi beberapa kelompok serta menjawab pertanyaan secara berkelompok dengan memanfaatkan fasilitas leptop crome book dan informasi internet yang diberikan oleh guru.

Dengan menggunakan media berbasi s aplikasi canva peserta didik lebih termotivasi dari pada sebelumnya menggunakan media aja konvensional terlihat dari indikator keaktifan peserta didik naik dari sebelum menggunakan media ajar aplikasi canva.

 

 

 

Komentar0

Type above and press Enter to search.